Minggu, 01 April 2012

PERANAN IPTEK DALAM KEHIDUPAN MANUSIA


Oleh: Fallazuar, Hidayatur, dan Jadmiko.


PENDAHULUAN
Di era globalisasi ini kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari yang namanya Ilmu pengetahuan dan teknologi atau yang biasa kita sebut IPTEK, mulai dari hal yang kecil sampai masalah yang paling vital semua tidak lepas dari IPTEK, kita senantiasa membutuhkan sebuah sarana yang membantu dan memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal serta aktivitas kita sehari-hari salah satunya yaitu dengan IPTEK. Setiap hari diberbagai media baik televisi maupun cetak selalu ‘menghidangkan’ berbagai pengetahuan serta teknologi yang serba canggih yang bisa memenuhi kebutuhan individu maupun masyarakat yang kian meningkat. Semua orang dapat merasakan begitu banyaknya kemudahan yang dapat dinikmati Orang berperjalanan jauh dalam waktu yang singkat dengan alat transportasi seperti pesawat terbang, dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya  beribu-ribu kilometer dengan telephone, mengerjakan sesuatu dengan ringan karena ditemukanya alat-alat penunjang dan masih banyak lagi.
Perkembangan IPTEk di dunia tidak hanya membawa dampak positif saja yang banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh manusia, namun disamping itu IPTEK juga tidak jarang menimbulkan dampak negatif yang merugikan manusia dan perlu dikaji ulang untuk meminimalisir dampak negatif tersebut.
Oleh karena itu, kesadaran dan tanggungjawab kita dituntut lebih tinggi agar efek negatif dari kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat ditekan sekecil mungkin. Dalam makalah ini kami menyajikan beberapa dampak penggunaan ilmu pengetahuan alam dan teknologi terhadap kehidupan manusia agar kita bisa lebih bertanggungjawab dalam menggunakan IPTEK.

PEMBAHASAN
A.  DAMPAK IPTEK  TERHADAP KEBUTUHAN POKOK MANUSIA
1.      Pangan (makanan)
            Dampak positif yang ditimbulkan oleh kemajuan almu pengetahuan alam dan teknologi antara lain:
a.       Ditemukannya bibit unggul yang dalam waktu singkat dapat diproduksi berlipat ganda.
b.      Digunakannya mekanisasi pertanian untuk memungut hasil produksi sehingga hasilnya lebih besar dibanding dengan tenaga manusia.
c.       Diterapkannya cara pemupukan yang tepat serta digunakannya bakteri yang sanggup memperkuat akar tanaman, sehingga hasilnya bertambah banyak.
d.       Digunakannya bio teknologi untuk merangsang tumbuhnya daun, bunga, atau buah sehingga tumbuh lebih banyak.

            Salah satu dampak negatifnya adalah penggunaan pestisida dapat membunuh hewan ternak, meracuni hasil panen, serta dapat meracuni manusia.
2.      Sandang (Pakaian)
            Dampak positif dari kemajuan IPA dan teknologi pada sandang antara lain:
  1. Menolong manusia dalam pengadaan sandang dengan adanya mesin tekstil sehinga mempercepat proses pembuatan pakaian.
  2. Telah ditemukannya serat sintetis, baik yang membuat dari pkok-pokok kayu yang diprose secara imiawi menjadi benang (rayon), maupun dari bahan galian seperti hasil sulingan bautbara dan minyak bumi yang dapat diproses menjadi serat-serat sintetis.
  3. Dengan serat sintetis, pembuat tekstil dapat dilakukan secara besar-besaran dalam waktu yang singkat.

Dampak negatif, antara lain:
a.       Bahan-bahan yang berupa polimer sintetis yang dalam bahasa sehari-hari dinamakan plastik, kalau menjadi sampah sulit dihancurkan oleh bakteri-bakteri pembusuk
b.       Sampah plastik apabila dibakar akan menyebabkan menipisnya lapisan ozon, namun jika tidak dibakar dapat mencemari tanah sehingga mengurangi kesuburan tanah.

3.      Papan (Tempat Tinggal)
Dampak positifnya antara lain:
Dengan menerapkan teknologi maju, menusia mampu membangun rumah dan gedung-gedung pencakar langit. Orang tidak lagi menggunakan tangga, tetapi cukup dengan menekan tombol dan dalam beberapa detik saja orang sudah sampai di lantai yang dituju.
Dampak negatifnya, antara lain:
  1. Dengan peralatan modern, orang dengan mudah membabat hutan untuk pembangunan rumah, gedung, dan sebagainya atau untuk perabotan lain. Akibatnya hutan menjadi gundul yang akhirnya dapat menimbulkan berbagai bencana yang merugikan manusia sendiri.
  2. Dengan diterapkannya teknologi modern, tenaga manusia banyak yang tidak terpakai sehingga banyak terjadi pengangguran. Sebagai akibat dari pengangguran ini timbul kejahatan dimana-mana.

B.  DAMPAK TERHADAP PENDAYAGUNAAN SUMBER DAYA ALAM
Dampak Positif yang Berupa Keberhasilan Manusia
            Pemanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat dimanfaatkan untuk menaikkan kuantitas suatu produk:
  1. Dalam bidang pertanian
            Dengan kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi, manusia mampu menentukan jenis tanah, unsur-unsur yang diperlukan tanaman sehingga dapat memberikan pupuk yang paling tepat. Manusia juga dapat mengetahui bibit unggul dengan menggunakan sinar radio aktif.
  1. Dalam bidang industri
            Kita ambil contoh industri pengolahan minyak kelapa sawit. Penggunaan teknologi yang maju untuk pengolahan minyak kelapa sawit, temparatur dan tekanannya dapat meniongakatkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara tradisional.

Dampak Negatif
            Kita ambil contoh  industri pabrik sagu aren. Air limbah dari pabrik sagu aren tersebut dapat membahayakan bagi kesehatan masyarakat, dan berdampak terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya.

C.  DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA ALAM
  1. Minyak Bumi
            Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang paling utama dalam memenuhi kebutuhan energi dunia, namun tidak dapat diperbaharui. Minyak bumi berasal dari fosil yang terbentuk secara alami dalam proses jutaan tahun lamanya.
            Pembakaran minyak bumi berupa gas-gas oksida, antara lain karbondioksida berguna untuk fotosintesis, sedangkan gas karbonmonoksida dapat meracuni sel-sel darah merah sehingga tidak dfapat berfungsi lagi sebagai pengangkut oksigen dalam jaringan tubuh. Sisa gas yang berupa jelaga halus, misalnya pada mesin deisel atau bensi yang sudah tua dapat menyebabkan sesak nafas. Namun yang lebih berbahaya adalah gas-gas yang mengandung timah hitam atau air raksa yang biasanya dipakai sebagai campuran bensin agar bensin mudah dibakar. Keracunan gas tersebut sukar diobati karena logam-logam tersebut mengendap dalam jaringan tubuh kita.
            Penggalian bumi juga dapat menimbulkan adanya tumpahan di sekitar pengeboran itu yang dapat merusak lingkungan sehingga merugikan hewan, tumbuhan, dan manusia yang hidup di sekitar daerah itu.
  1. Batu Bara
            Penambangan batu bara juga dapat membahayakan manusia karena gas oksigen dalam tambang itu sangat terbatas, sebaliknya gas-gas bumi yang menyesakkan nafas justru berlimpah.Tumpahan dari pengangkutan batu bara juga dapat mencemari lingkungan. Batu bara tergolong sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Namun karena kemajuan teknologi, menyebabkan bahan tersebut dapat di daur ulang.
  1. Air
            Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, artinya setelah dipakai dapat dibersihkan kembali. Namun pembersihan itu tidak selalu dapat sempurna, sehingga lambat laun air bersih ini akan semakin menurun jumlah dan kualitasnya.
  1. Hutan, Hewan, dan Ternak
            Sumber daya lainnya yang dapat diperbaharui adalah hutan, hewan, dan ternak. Akan tetepi harus memperhatikan batas toleransinya. Apabila batas toleransi itu diterjang, semua itu tidak dapat lagi diperbaharui. Sayangnya teknologi modern justru mengakibatkan sumberdaya tersebut menjadi tidak dapat lagi diperbaharui.
  1. Tanah
            Tanah merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, namun jika tidak hati-hati dalam pemakaiannya, akan menjadi rusak.

D.  DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA MANUSIA
  1. Dampak Positif
a.       Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat mendorong manusia untuk mendayagunakan sumber daya alam secara lebih efektif dan efisien. Manusia dapat mengubah sistem transportasi dan komunikasi sehingga memudahkan kegiatan.
b.      Perkembangan IPTEK dapat menaikkan kualitas sumber daya manusia, karena membuka kemungkinan tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah. Selain itu, juga terbuka kemungkinan meningkatkan kemakmuran dan peningkatan inteligensi manusia.
  1. Dampak Negatif
a.       Meningkatnya pengangguran karena pekerjaan yang semula dikerjakan manusia diganti oleh mesin.
b.      Timbulnya pencemaran yang disebabkan zat-zat radio aktif yang vsangat beracun baik pada tanah, air, maupun udara.
c.       Karena teknologi mengamankan hidup manusia, tanpa disadari lambat laun  dapat mematikan imajinasi dan perasaan  serta kejiwaan manusia.
            Pengembangan teknologi yang mengatur perilaku manusia menyebabkan munculnya masalah sebagai berikut:
a.       Penemuan teknologi yang mengatur perilaku ini dapat menyebabkan kemampuan perilaku seseorang berubah dengan operasi dan manipulasi dalam susunan saraf otak melalui:
1)      Spychosurgerys infus
2)       Bahan kimiawi
3)      Obat bius tertentu
4)      EBS (Elektronic Stimulation of The Brain)
5)      Shock listrik tertentu
b.      Behavior Control memunculkan masalah etnis bila kelakuan bila kelakuan seseorang dikontrol oleh teknologi dan bukan oleh dirinya sendiri. Konflik muncul justru karena si pengatur memperbudak orang yang dikendalikan.
Pemakaian teknologi supermodern cenderung mengasingkan manusia dari eksistensiny sebagai pekerja. Akibat pekerjaan tangan dan otaknya telah digantikan tenaga mesin.
E.  DAMPAK TERHADAP KOMUNIKASIDAN TRANSPORTASI
1.      Dampak positif :
            Dengan diterapkanya Ilmu pengetahuan dan teknologi banyak kemudahan dan keefesiensian dalam beraktivitas termasuk dalam bidang komunikasi dan transportasi. Saat ini perbedaan tempat atau wilayah saat ini bukan kendala untuk dapat berkomunikasi via suara maupum gambar. Ditemukanya radio, televisi, telephone, telpon genggam dengan seperangkat fasilitas yang dimiliki.
            Demikian juga dengan jangkauan wilayah dengan teknologi modern, orang dapat membuat sarana transportasi, misalnya sepeda motor, mobil, bus, kereta api, kapal laut, pesawat terbang, dan lain-lain. Sarana transportyasi tersebut sangat efektif dan efisien daripada memakai alat transportasi pada zaman dulu, misalnya kuda, naik kereta kuda atau kapal layar.
2.      Dampak negatif :
            Dengan satelit, orang dapat  mengrtahui adanya pabrik senjata, ada rektor atom dalam perut bumi, cadangan minyak, uranium, dan sebagainya, niat jahat untuk menguasai semua itu jika timbul akan menjadi rebutan yang pada akhirnya, menimbulkan perselisihan.
            Begitu juga dalam hal transportasi juga bisa menimbulkan berbagai hal negatif misalnya timbulnya pencemaran suara dan pencemaran udara yang bisa menyebabkan perusakan pada pendengaran dan udara yang kotor dapat menyebabkan  polusi udara, berkurangnya lahan-lahan pertanian yang produktif karena dipakai untuk menampung kebutuhan akan jasa transportasi, seperti terminal, bandara, atau pakir kendaraan.
F.   DAMPAK TERHADAP PENINGKATAN KESEHATAN
            Pada saat ini ketika ada orang yang organ tubuhnya sudah tidak dapat berfungsi lagi, maka upaya cangkok mata, cangkok hati,cangkok ginjal bukan lagi hal yang aneh. Bahkan sedang dilakukan pembuatan organ buatan yang dapat ditanam di dalam tubuh untuk menggantikan bagian-bagian yang sudah tidak dapat berfungsi lagi.
            Bahkan penggunaan perunut radioaktif untuk mendeteksi tempat-tempat yang sakit sudah diketahui secara umum. Secara umum dampak terhadap peningkatan kesehatan adalah [1]:
1.      Meningkatkan Ilmu dan Fasilitas di Bidang Kedokteran
2.      Meningkatkan Teknologi Obat-obatan
3.      Memberantas Penyakit Menular
4.      Membantu Timbulnya Penyakit tertentu

G. DAMPAK TERHADAP PENCAPAIAN KEMAKMURAN
Keadaan umat manusia kini sangat berbeda dengan peradaban jaman dulu, misalnya peradaban Mesir Kuno, Yunani Kuno, Romawi, atau peradaban di daratan Cina. Penyebab utamanya ialah pertumbuhan penduduk, sains, dan teknologi membawa kemudahan, kemakmuran, dan kenyamanan, sedangkan teknologi komunikasi membuat interdepensi secara global yang semakin meningkat.
Namun begitu, sains dan teknologi juga membawa segi – segi yang negatif. Salah satunya adalah perkembangan dunia. Akhir – akhir ini yang menunjukkan kecenderungan yang sangat memprihatinkan akibat kesalahan dalam pemanfaatan kemajuan sains dan teknologi.
1.      Dampak Positif dalam Upaya Pemenuhan Kebutuhan Manusia
a.      Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Mendatangkan Kemakmuran Materi
Adanya perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi melahirkan cabang ilmu pengetahuan baru, antara lain:
a)    Teknik modern yang terdiri atas teknik penerbangan, teknik kimia, teknik sipil, teknik nuklir, teknik listrik, dan mekanik.
b)    Teknologi hutan.
c)    Teknologi gudang.
d)   Metalurgi.
e)    Teknologi transportasi, dan lain – lain.
Dengan menggunakan cabang – cabang ilmu pengetahuan baru tersebut, kita dapat memperoleh hasil, antara lain:
a.       Dalam penggunaan teknik kimia.
b.      Dalam penggunaan teknik nuklir.
c.       Dalam penggunaan teknik mekanik.
d.      Dalam penggunaan teknik penerbangan.
e.       Dalam penggunaan teknologi hutan.
Menurut fungsinya, hutan dapat dibafgi menjadi:
a.                   Hutan lindung,
b.                  Hutan produksi,
c.                   Hutan suaka alam, dan
d.                  Hutan wisata.

Menurut letaknya, hutan dapat dibagi menjadi:
a.       Hutan pantai,
b.      Hutan payau,
c.       Hutan rawa gambut,
d.      Hutan hujan, dan
e.       Hutan musim.

b.                  Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Dapat Mendatangkan Kemudahan Hidup
Usaha untuk mendapat kemudahan hidup dengan penerapan perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi misalnya:
1)      Dengan teknik modern, orang dapat mengendalikan aliran air sungai dengan membuat bendungan.
2)      Dengan teknik modern, telah dapat dibuat berbagai alat yang dapat meringankan pekerjaan seseorang.
3)      Dengan teknik modern, dapat dibuat berbagai media pendidikan.
4)      Dengan teknik modern, dapat dibuat bermacam-macam alat transportasi.

2.      Dampak Negatif yang Menyulitkan Pengendalian Diri
Negara yang menguasai perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi, lebih mudah memperoleh kemakmuran materi dibandingkan negara yang kurang mempunyai kemakmuran dalam bidang tersebut. Akibatnya, timbul negara kaya dan negara miskin.
Penerapan teknik nuklir dan pembuatan senjata mutakhir telah menimbulkan kegelisahan umat manusia karena dapat mengancam perdamaian dunia jika diantara negara – negara adikuasa tersebut tidak mampu mengendalikan dirinya.
Hubungan yang tidak serasi antara sistem produksi, sistem ekonomi, dan sistem ekologi mengakibatkan terjadinya pemakaian dan pemborosan sumber daya alam secara berlebihan dan di sisi lain kurang memanfaatkan sumber daya manusia yang melimpah, akibatnya timbul golongan masyarakat yang menguasai produksi dan golongan masyarakat yang memerlukan pekerjaan karena tenaganya tergantikan oleh alat – alat yang lebih ekonomis.
Usaha manusia untuk menaklukkan alam melalui sains dan teknologi mengakibatkan pemusatan kekuasaan terhadap alam pada sejumlah kecil manusia di bumi yang akhirnya mnenguasai manusia lain. Saling curiga antar kelompok (negara) yang mengakibatkan masing–masing negara saling mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan buruk. Diantara mereka saling berlomba untuk membuat berbagai senjata. Akibatnya, banyak tercipta berbagai macam senjata pemusnah yang dapat mengancam peradaban manusia sendiri.
Masalah lain yang timbul akibat perkembangan sains dan teknologi antara lain:
·         Kesempatan kerja bagi penduduk yang semakin berkurang, sedangkan angkatan kerja semakin bertambah.
·         Pemakaian sumber energi yang berlebihan dikhawatirkan akan merugikan genrasi yang akan datang.
Masalah – masalah tersebut bersumber pada dinamika kependudukan, pengembangan sumber daya alam, pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi, yang kesemuanya bertitik tolak pada suatu masalah besar.
Kurang tepat apabila semua dampak negatif yang terlihat sekarang dianggap sebagai dampak teknologi saja atau dampak struktur ekonomi saja karena keduanya memang tidak berdiri.



___________________________________________________________________________________

DAFTAR PUSTAKA
Mawardi, Hidayati Nur, Ilmu Alamiah Dasar-Ilmu Sosial Dasar-Ilmu Budaya Dasar, Pustaka Setia, Bandung, 2000
Tasmuji, Cholil H, Sutikno, Vidiagati,, Ilmu Alamiah Dasar-Ilmu Sosial Dasar-Ilmu Budaya Dasar, IAIN Sunan Ampel Press, Surabaya, 2011


[1]               Drs, Mawardi, Ir. Nur Hidayati, “IAD-ISD-IBD”, Pustaka Setia, 2009, 123-127

2 komentar:

  1. semoga bermanfaat,,,,,,,,,,,, n semakin memberi yg terbaik buat semua.

    BalasHapus

hit counter
perfume